05 December 2009

Alternate Picking

Alternate picking adalah sebuah metode untuk memetik senar secara bolak-balik atas-bawas. Coba kamu bermain cepat dengan hanya memetik kebawah, bagaimana? merasa sulit kan?... malahan tidak efisien !!. Banyak gitaris yang menggunakan teknik ini, seperti Al Di Meola, Shawn Lane, John Petrucci dan Paul Gilbert dsb. Dengan cara Alternate Picking ini kamu bisa bermain lebih efektif dan cepat apabila berlatih dengan disiplin. Cara terbaik untuk membiasakan dengan teknik ini mulailah berlatih pada satu senar atas-bawah secara berulang-ulang, latihan ini akan bagus untuk membangun antara kecepatan dan koordinasi.

Latihan 1

Pada latihan 1 adalah latihan paling sederhana dengan menggunakan senar terbuka. Mulai dengan perlahan dan cobalah untuk menambah kecepatan. Kamu bisa melakukan
latihan ini pada semua senar.












Pada saat memetik cobalah memiringkan klaber (pick) sedikit agar tidak telalu tegak lurus. Juga sebaiknya gunakanlah klaber tebal, karena klaber tipis kurang baik untuk memetik gitar. Biasanya klaber tipis digunakan untuk strumming/ryhtem pada gitar akustik.


Latihan 2

Latihan kromatik seperti yang di bawah ini adalah cara yang bagus untuk mengembangkan kecepatan dan ketepatan.









Latihan 3

Kamu bisa mengulangi latihan ini terus menerus sampai benar-benar merasa cepat. Pastikan kamu memainkan tiap not dengan jelas dan cobalah menggunakan metronome sampai 160 bpm lebih.












Latihan 4

Satu hal yang paling penting yang harus diperhatikan tentang teknik ini adalah bahwa memetik harus berasal dari pergelangan tangan bukan sikut!!, lengan pergelangan tangan harus rileks untuk menghindari ketegangan karena hanyalah Pergelangan tangan yang bergerak ketika bermain. Semakin cepat kamu memetik maka semakin sedikit waktu untuk menggerakan pergelangan.













Latihan 5

Setelah kamu merasa nyaman dan lancar pada satu senar, cobalah berlatih dengan dua senar. Cobalah memetik sedikit dari modes misal dari natural minor, tidak lebih dengan dua senar











Mulailah dengan perlahan, terus tingkatkan kecepatan secara bertahap dan pastikan tiap not yang dipetik harus jelas.
Ingat jangan terlalu memaksakan!!, apabila kamu sudah lelah berlatih berhentilah!!


0 Coment:

Post a Comment

Share/Bookmark
Related Posts with Thumbnails