05 December 2009

Tips Agar Pemainan Gitar Berkembang

Bermain Gitar adalah gabungan antara:

1. keterampilan (skill)
2. pengetahuan (knowledge)
3. Intuisi musikal

Jadi bila mau belajar gitar harus mempelajari ketiganya.

1.Keterampilan
keterampilan di sini berhubungan dengan kemampuan psikomotorik. Keterampilan yang bersifat fisik. Maka latihannya juga latihan yang bersifat fisik. Banyak metode senam jari atau ada juga yang sering menyebut fingering, yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan jari. Jangan pernah berhenti untuk senam jari. Bahkan ketika kamu sudah terampil!! Karena ketika kamu jarang bermain.. dan jarang senam jari. maka keterampilan yang telah kamu peroleh sedikit demi sedikit akan menurun.


2.Pengetahuan
Musik merupakan ilmu pengetahuan seperti halnya ilmu pengetahuan yang lain. Misal ketika kita menguasai suatu ilmu tertentu.contohnya, ilmu pengetahuan tentang musik maka kita akan terbantu untuk lebih memahami apa dan bagaimana musik itu?
dan selanjutnya bagaimana cara memainkan gitar itu?
Namun dari mana datangnya ilmu....
misalnya kursus, baca-baca buku, browsing internet dan sebagainya.


3.Bakat Musikal
Pada dasarnya setiap orang memiliki bakat musikal tapi setiap orang mempunyai kadar yang berbeda-beda. Ada yang tinggi maupun rendah, tetapi jangan putus asa dulu.
semuanya bisa dilatih termasuk bakat musikal kamu.
Caranya bermusiklah sesering mungkin seperti sering mendengar musik atau sering bermain musik. Misal ngulik akor sendiri atau ngulik melodi sendiri, semua itu akan semakin mempertajam bakat musikal kamu.

Ingat jangan pernah membenci salah satu aliran musik, karena hal itu akan menutup satu pintu kemungkinan berkembangnya intuisi kamu. dengan begitu kamu telah menutup satu peluang bagi berkembangnya intuisi atau bakat kamu.
yang jelas jika kamu membenci salah satu aliran musik, itu akan merugikan diri sendiri...

Sumber

0 Coment:

Post a Comment

Share/Bookmark
Related Posts with Thumbnails