12 December 2009

Bending

Salah satu teknik penting dalam bermain melodi adalah dengan membending string/senar ke pitch tertentu, seperti membending setengah, satu, satu setengah atau dua langkah dll. Cara melakukan bending hanya dengan mengangkat senar ke atas atau ke bawah (terserah,pilih yang paling nyaman). Kuncinya adalah dengan menggunakan tiga jari untuk membending string/senar, pertama tempatkan jari utama dan jari lainnya di frets di belakang jari pertama, dan angkat string/senar dengan tekanan pada tiga jari tersebut.

Misal jika kamu akan membending not A pada fret 10 senar 2 dengan satu langkah..pastikan not A berubah menjadi not B, kemudian kembalilah ke not semula, (A -> B -> A) terlihat pada gambar dibawah ini :


Audio


Untuk mendapatkan gambaran bagaimana setiap bending yang seharusnya dilakukan, cobalah berlatih membending dan pastikan bending yang dimainkan benar-benar menuju not/nada yang diinginkan.

Teknik penting dalam membending, yaitu jari yang lain pada saat akan membending harus selalu berada di posisi pertama menekan senar yang akan dibending sebelum jari utama yang akan membending. Cara ini akan membuat string/senar lebih mudah dibending. Teknik lainnya untuk lebih menambah rasa (feel) ke dalam bending dengan cara menggaruk (rake), maksud menggaruk disini adalah menyapu senar dengan me-mute string/senar lain dengan muka tangan kamu, dan setelah itu kemudian petik string/senar yang ingin dibending. hal ini akan membuat efek yang bagus, teknik rake ini sering digunakan oleh gitaris seperti Stevie Ray Vaughan dan Eric Clapton.
Coba dengarkan beberapa lagu dari Pink Floyd, David Gilmoure selalu melakukan bending dua dan dua setengah langkah, contohnya pada solo "Another Brick in The Wall pt.2".

Selamat Berlatih!!

0 Coment:

Post a Comment

Share/Bookmark
Related Posts with Thumbnails