20 April 2010

Ana Popovic


13 Mei 1976, Ana Popovic lahir di kota tua Belgrade, Yugoslavia. Putri pertama dari pasangan Milutin dan Vesna Popovic. Ana tumbuh dalam keluarga yang penuh kasih sayang. Ayahnya Milutin juga senang bermain musik, ia seorang gitaris dan bassist, dan selalu mengajak teman-temannya untuk jam session. Dalam suasana seperti ini Ana tumbuh, ia sering mendengarkan koleksi rekaman blues ayahnya. Akhirnya, pada usia 15, Ana mulai memainkan gitar ayahnya.

Di sekolah Ana adalah seorang murid yang baik. Meskipun saat remaja ia pernah bolos dari kelasnya, dan situasi politik yang tidak stabilsaat itu di bawah rezim nasionalis Milosovic di Belgrade, tapi ia lulus dalam ujian tanpa masalah.

Tak bisa dipungkiri, Ana memang jatuh cinta pada gitar. Ayahnya sering membantu mengajarnya, tapi ayahnya menyadari bahwa bakat alami putrinya itu dalam bermain gitar melampaui kemampuan sendiri. Meskipun keluarganya bukan dari golongan orang yang berada, tetapi orangtuanya memungkinkan Ana untuk privat belajar gitar dan jiwanya ke dalam musik. Gurunya terkejut melihat kemajuan yang cepat dalam mengembangkan style bermainnya sendiri. Setelah menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1994, Ana membuat keputusan untuk mengikuti jejak ayahnya masuk jurusan Desain Grafis di Universitas Belgrad.

Di tahun 1995, waktunya mulai lebih fokus dunia musik. Ana membetuk band pertamanya "Hush" berasama temannya dan pemain gitar Rade Popovic. Selama tiga tahun Ana band ini sering manggung disemua tempat klub ternama di kotanya. Pada tahun 1998, sering manggung di acara-acara televisi. Dengan bandnya, Hush, ia mengeluarkan album pertamanya berjudul"Hometown". Hanya beberapa minggu sebelum sekolahnya baru dimulai di Desain Grafis, namun Ana pergi untuk mengirimkan rekamannya ke Utrecht's Conservatory. Rekamannya langsung dipilih. Meskipun ia belajar di Belanda, sekolah dan musiknya dijalani keduanya. Bandnya cepat menjadi populer di Belanda dan Jerman. Tak diduga, jadwal manggung meningkat, Ana memutuskan untuk mengakhiri studinya di Conservatory dan karena terjadinya kerusuhan dan pemboman di kota kelahirannya maka ana membuat kontrak rekamannya di ruf record di Jerman.

Pada bulan Oktober 2000, Ana pergi ke Memphis untuk merekam album solo pertamanya di Ruf Records yang berjudul "Hush!", diproduksi oleh Jim Gaines (yang juga memproduksi Santana dan Stevie Ray Vaughan). Dirilis pada awal 2001. Ana pun pernah bergabung dengan berbagai musisi termasuk Bernard Allison, Eric Burdon, Walter Trout, Popa Chubby, Jimmy Thackery, Taj Mahal dan Buddy Miles pada album "Jimi Hendrix tribute : Blue Haze". Kontribusinya pada lagu "Belly Button Hendrix Window". Pada tahun 2001 Ana pernah bermain sebagai 'special guest' pada tur Bernard Allison, yang juga pernah featuring di salah satu lagu ana pada album "Hush!". Ana pergi tur Eropa 'Jimi Hendrix Tribute tour' dengan Walter Trout. Ana pun membawa bandnya pada tur Eropa ke USA untuk pertama kalinya. Dia pernah menerima tiga nominasi Blues Awards pada tahun 2002 di Perancis, sebagai: "Best Singer", "Best Guitarist" dan"Best Album".

Tahun 2003, Ana kembali ke Memphis dan merekam album kedua di Ruf Records. Berjudul "Comfort to the Soul", Setengah dari album ini diproduksi dan dimixing oleh Jim Gain pada bulan Februari, kemudian sisanya diproduksi dan dimixing oleh David Z (Prinz, Buddy Guy, Jonny Lang) pada bulan April. Pujian mengalir pada labum ini karena beraneka ragam mulai dari blues, rock, soul dan jazz album sehingga ana menerima nominasi sebagai "Best New Artist 2003" (hanya artis Eropa kontinental yang pernah dinominasikan dalam kategori ini) pada WC Handy Awards yang bergengsi di Memphis. Pada tahun ini, Ana pun di endorse gitar oleh 'Fender' dan 'DR Handmade' string untuk pertama kalinya.

Dengan pertunjukan live-nya yang besar, permintaan internasional Ana terus berkembang. Tahun 2004, dia kembali ke Amerika Serikat, tur kali ini tiga kali dan konser di Kanada dan di seluruh Eropa. Bersama dengan bandnya dia memenangkan jazz awardz bergengsi 'Jazz a Juan-Revelation 2004' di Juan Le Pins, Prancis. Penghargaan ini menunjukkan pengakuan atas kemampuan Ana dalam genre jazz, sebagian influence yang kuat pada musiknya. Ana mulai diendorse oleh Mesa Boogie amlifier. Dia juga sangat bangga bisa bergabung dengan banyak gitaris top dunia saat dia mulai di endorse untuk Ovation Guitars.

Pada tahun 2005, Ana merilis album ketiganya dengan rekaman live DVD. Rekaman live ini direkam di 'Melkweg' di Amsterdam dan Berjudul Ana!. Live in Amsterdam DVD/CD ini dirilis pada bulan April di Eropa dan Agustus di USA. Ana tur ke seluruh Eropa dan bahkan bermain di Dubai bagian dari ruf "Blues Caravan - Ladies Night" dengan Sue Foley dan Candy Cane.

Tahun 2006, Ana diundang untuk bermain dengan legendaris "Blues Cruise 2006".
Ana adalaha artist Eropa pertama yang diundang untuk bermain di acara bergengsi ini dengan band aslinya. Pada bulan Februari Ana dinominasikan sebagai "Blues Artist of the Year" oleh Majalah BluesWax. Bulan Juli Ana menerima 6 kali nominasi untuk "Living blues awards 2006". Dia dipilih dalam kategori sebagai "blues Best DVD tahun 2005", "Best Live Performer", "Best Female Artist Blues" dan "Most Outstanding Musician (Guitar)". Pada bulan November, setelah 13 minggu tur musim panas di seluruh daerah USA, Ana dikontrak recording oleh label Delta Groove Productions dan perjalanan ke Los Angeles untuk merekam pertamanya yang dirilis oleh label Delta Groove.

The Eclecto Groove / Delta Groove Music inc diproduksi oleh David Z. dan produser pemenang Grammy Award John Porter (Los Lonely Boys, Bonnie Raitt, KEB Mo). Selain tur di Eropa dan Amerika, dia juga tur di Rusia dan Meksiko. Pada bulan Februari 2008, Ana ke Los Angeles untuk mixing album terbarunya "Still Making History" dengan produser multi-platinum Rudy'Mayru'Maya. Album ini memiliki 8 lagu dan 1 lagu bonus track. Tanggal 5 Mei 2008, Ana melahirkan bayi yang cantik dan sehat bernama Luuk (Lukas dalam bahasa Inggris, Luka di Serbia).

Tahun 2009, untuk kedua kalinya Ana diundang untuk bermain di "The Legendary Rhythm & Blues Cruise". Ber-jam dengan Susan Tedeschi, Larry McCray, Bob Margolin dan banyak lagi. Ana masuk bagian dari dokumenter gitar Robert Radler's "Turn it up' aka TONE", tentang gitar terbaik dan gitaris sedunia.

0 Coment:

Post a Comment

Share/Bookmark
Related Posts with Thumbnails