19 June 2009

Tips & Trik Saat Ngulik Melodi

Cara mencari melodi dengan baca tab memang akan membuat kita bisa main dengan bagus tapi dengan ngulik,..banyak hal yang kita dapat seperti melatih pendengaran (ear training) melatih penerapan teknik-teknik yang telah kita pelajari dan sebagainya.. jadi.. pertahankan budaya ngulik... meskipun kamu telah lancar membaca tab.

Berikut adalah hal-hal yang mesti diperhatikan saat kamu ngulik :


1. Ketahui dahulu nada dasar dan progresi akornya
dengan mengetahui nada dasar dan progresi akor yang mengiringi melodi tersebut maka kamu bisa mengetahui tangga nada apa yang digunakan... dengan mengetahui tangga nada yang digunakan maka akan meringankan proses pencarian.karena kamu tidak akan tersesat ke nada yang salah atau sering disebut fales..

2. Rasakan tone colornya
kita para gitaris tentu tahu.. bahwa di atas fingerboard gitar..satu nada yang sama bisa dibunyikan di atas senar yang berbeda.
misalnya : nada c di senar 2 fret 1 bisa memiliki pitch yang sama dengan senar 3 fret 6 tapi tentu saja tone colornya berbeda.

nah dengan merasakan tone colornya, maka kamu bisa tahu benar dimanakah posisi asli yang sebenarnya digunakan dalam memainkan melodi yang sedang kamu ngulik.

dengan posisi yang tepat sesuai dengan aslinya maka hasil ngulik bisa semakin mendekati dengan melodi aslinya...

3. Dengarkan teknik apa yang digunakannya
Ini dia yang akan membuat hasil ngulik kamu sama dengan melodi asli meskipun ketemu nadanya jika tekniknya tidak ketemu... maka dijamin hasil ngulik kamu tidak akan sama.

4. Dengarkan sound gitarnya..
Berikutnya tentu dengarkan sound nya dan berusahalah menset sound semirip mungkin dengan sound melodi yang kamu ulik...

0 Coment:

Post a Comment

Share/Bookmark
Related Posts with Thumbnails