25 June 2009

Staggered dan Flat magnet single coil



Pickup dengan magnet tidak sejajar itu dikenal dengan istilah staggered magnet.Sebaliknya, magnet yang rata disebut flat polepeice.
Kamu bisa melihat perbedaannya dan perbandingannya sebagai berikut;

Pada staggares, magnet yang paling tinggi terdapat pada polepiece senar D dan G sedangkan magnet terendah berada di polepiece senar B. Polepiece senar A dan kedua senar E memiliki ketinggiam diantaranya. kenapa demikian?


Single Coil dengan magnet staggered merupakan bawaan asli Stratocaster sejal pertama kali muncul tahun'54. Vintage stratocaster memiliki radius fingerboard yang kecil, 7 1/4 inci. Radius fingerboard yang kecil memiliki permukaan yang semakin cembung.
Ketinggian senar pada saddle biasa di buat mengikuti kecembungan di fingerboard. Dan ketinggian semua senar diatas pickup juga mengikuti kurva kecembungan fingerboard.
Dengan demikian ketinggian magnet yang staggered pada bagian tengah,out put tiap senar dapat menjadi lebih balance.

Sebaliknya, flat polepiece didesign untuk gitar noderb dengan fingerboard yang lebih datar, seperti pada Ibanez dan sejenisnya.

Jadi, jika kamu akan mengganti single coil pada gitar vintage beradius kecil (7 1/4 - 9 1/4 inchi), cari pick up yang staggered. Gunakan single coil flat polepiece, jika menggnakan fingerboard modern (10 - 16 inchi).
Salah pilih pick up, maka kamu akan dapatkan output senar yang tidak balance.

0 Coment:

Post a Comment

Share/Bookmark
Related Posts with Thumbnails