24 March 2010

Joe Satriani

Joseph Satriani, lahir tanggal 15 Juli 1956 di Westbury, New York adalah seorang multi-instrumentalis, yang dikenal terutama karyanya sebagai gitaris instrumental rock, dengan beberapa nominasi Grammy Award. Pada awal karirnya, Satriani bekerja sebagai instruktur gitar di Second Hand Guitar, Berklee, beberapa mantan muridnya banyak yang menjadi gitaris terkenal seperti: Steve Vai, Tom Morello, Larry Lalonde, Kirk Hammett, Charlie Hunter, Kevin Cadogan, Alex Skolnick. Satriani sangat dihormati oleh musisi lainnya di sepanjang kariernya.

Tahun 1986 Joe merilis albumnya yg pertama yg berjudul "Not Of This Earth". Tahun 1988, Satriani pernah direkrut Mick Jagger sebagai gitaris pada tur solo pertamanya Mick Jagger. Tahun berikutnya, "Surfing With The Alien" dirilis dan mendapatkan gold dan platinium sales dan mencapai angka 750.000 keping untuk penjualannya dan masuk ke nominasi Grammy Awards. Tahun 1992 "The Extremist" di rilis yang juga masuk nominasi Grammy Awards dan mencapai peringkat 24 di Billboard chart.

Tahun berikutnya "Time Machine" (dobel CD) di rilis. Di tahun 1995 album yang berjudul "Joe Satriani" di rilis dan lagu My World masuk nominasi Grammy Awars. Di tahun 1994, Satriani pernah menjadi gitaris Deep Purple. Tahun 1998 Joe merilis albumnya yang ke delapan berjudul "Crystal Planet". Di thn 2000 Joe merilis album "Engines Of Creation", di album ini Joe melakukan eksperimen dgn rekaman menggunakan rhytm-rhytm yang dibuat di computer.
Tahun 2002 "Strange Beautiful Music", tahun 2004 "Is There Love in Space?", tahun 2006 "Super Colossal", dan tahun 2008 "Professor Satchafunkilus and the Musterion of Rock".

Satriani bekerja dengan berbagai gitaris dari beberapa genre musik, termasuk Steve Vai, John Petrucci, Eric Johnson, Larry Lalonde, Yngwie Malmsteen, Brian May, Patrick Rondat, Andy Timmons , Paul Gilbert, Adrian Legg, dan Robert Fripp melalui Concerts Jam G3 tahunan. Dia saat ini adalah gitaris untuk supergrup Chickenfoot.

Dia sangat dipengaruhi oleh gitaris blues-rock seperti Jimi Hendrix, Eric Clapton, Jimmy Page, Ritchie Blackmore dan Jeff Beck. Style Satriani sangat mudah dikenali, walaupun banyak orang yang meniru stylenya akan terlihat. Sejak 1988, Satriani telah menggunakan gitar signature-nya sendiri yaitu Ibanez JS Series.

0 Coment:

Post a Comment

Share/Bookmark
Related Posts with Thumbnails