20 March 2010

Nuno Bettencourt

Nuno Bettencourt lahir 20 September 1966 di Praia da Vitória, Terceira, Azores, Portugal, dari pasangan Ezequiel Mendes Bettencourt dan da Cunha Aureolina Gil de Ávila. Adalah seorang gitaris Portugia, penyanyi dan penulis lagu. Bettencourt terkenal karena perannya sebagai gitaris band Extreme dari Boston.

Setelah bubarnya Extreme sekarang ia merekam proyek solo yaitu Schizophonic, serta dengan band-band yang ia dirikan termasuk Mourning Widows, Population 1, DramaGods, Partai Satellite (diketuai oleh Jane's Addiction 's mantan vokalis dan Lollapalooza pendiri Perry Farrell), pada tahun 2004 sampai sekarang ia kembali dengan Extreme untuk merekam musik baru dan tur-nya.

Ketika ia berusia 4 tahun, kedua orang tua dan dua saudaranya Luís dan Roberto Carlos, pindah ke Hudson, Massachusetts. Bettencourt tinggal di Main Street di Hudson selama 21 tahun.

Pada awalnya, Bettencourt hanya memiliki sedikit ketertarikan pada musik, ia lebih memilih untuk menghabiskan waktu untuk bermain hoki dan sepak bola. Instrumen pertamanya adalah drum dan ia bermain mereka secara eksklusif sampai saudaranya, Luis, mulai mengajarkan bagaimana bermain gitar. Keahliannya cepat berkembang ketika ia belajar sendiri atau otodidak , dia selalu bolos sekolah untuk berlatih bermain gitarnya lebih dari 7 jam sehari. Dalam tahun kedua saat SMP, Bettencourt sering bolos dari pelajaran olahraga sehingga ia bisa fokus pada latihan gitarnya. Dia sering bolos sekolah karena alasan yang sama.

Sebagai gitaris dan penulis lagu, Bettencourt mempunyai banyak pengaruh dan gaya dari permainan gitar elektriknya. Salah satu pengaruh Bettencourt waktu itu adalah Eddie Van Halen. Namun, karena ia mengembangkan keahliannya sebagai gitaris dan penulis lagu, dia memperluas pengaruhnya seperti; The Beatles , Led Zeppelin , Prince , Queen , Pat Travers , Paco de Lucía , Vito Bratta , Al Di Meola and Aerosmith.

Namun, yang paling menonjol adalah pada permainan rock and heavy metalnya meskipun demikian banyak lagu-lagu hits populer akustik yang ditulisnya. Dia sangat mahir dalam artikulasi arpeggio melalui tapping string-skippingnya. Salah satu unsur terkuat dalam permainan Nuno adalah rasa iramanya, ia selalu memainkan triplet picking licks dengan cepat untuk menciptakan nada funky ke dalam permainan rhytm-nya dan juga menggunakan poly-rhythm yang mengaburkan sehingga membuat suara yang unik.

Desember 1990, Washburn Guitars meluncurkan Washburn N4 Nuno Bettencourt Signature Series. Gitar Washburn N4 memiliki fitur headstock reverse Super-Strat yang kecil dan neck Stephen's Extended Cutaway yang unik yang dapat memudahkan akses ke frets yang lebih tinggi. Pickup nya Bill Lawrence dan Seymour Duncan, dan Floyd Rose licensed tremolo. Selain gitar elektrik, Nuno juga di endors beberapa model gitar akustik oleh Washburn.

0 Coment:

Post a Comment

Share/Bookmark
Related Posts with Thumbnails