18 March 2010

Richie Kotzen

Richie Kotzen (lahir 3 Februari 1970 di Reading, Pennsylvania) adalah gitaris America, penyanyi, dan penulis lagu. Pada usia lima tahun, Richie Kotzen mengenal musik dan pertama kali instrument yang dimainkan adalah piano. Saat usia tujuh tahun ia terinspirasi oleh band KISS untuk belajar gitar listrik.

Ia mengembangkan teknik dan suara unik pada gitarnya secara terus mernerus, dan memulai karirnya pada sebuah band yang bernama "Arthur Museum". Dan akhirnya dibawa oleh Shrapnel Records 'Mike Varney, dan ia merekam album pertamanya pada usia 19. Dia membuat video lesson "Rock Chops" untuk REH video pada tahun 1989, banyak yang menyoroti dari teknik formatifnya, termasuk dalam memainkan interval yang lebar dan fluid sweeping-nya.

Di tahun 1991, Kotzen membuat terobosan besar ketika ia bergabung dengan band rock, Poison saat berumur 21, pada album Native Tongue. Album ini menghasilkan dua dua puluh single yang ditulis Richie, "Stand" dan "Until You Suffer Some (Fire & Ice)".

Pada tahun 1999 Kotzen bergabung dengan band rock mainstream, yaitu Mr Big yang menggantikan Paul Gilbert. Kotzen mempertahankan kesuksesan besar band Mr.Big, tampil dengan merekam "Get Over It", yang terjual lebih dari 175.000 eksemplar dalam dua minggu pertama di Jepang, akhirnya mencapai status platinum. Kotzen juga menyumbangkan permainan gitarnya untuk Mr.Big pada album "Actual Size". Menyusul pembubaran Mr Big, Kotzen pun merilis album solonya "Change", pada tahun 2003. Lagu "The Title" dan "Get A Life" selalu ditampilkan dalam iklan TV di seluruh Jepang.

Pada tahun 2002 Kotzen membeli sebuah bangunan komersial di Los Angeles dan mendirikan Studio rekaman/Perusahaan Produksi. Sejak saat itu dia diakui memproduksi album solo dan berkolaborasi dengan berbagai tokoh dalam musik rock, jazz, dan legenda jazz fusion termasuk Stanley Clarke. Pada pertengahan 2006 Kotzen bermain sebagai opening act di Jepang untuk Rolling Stones pada saat tur "Bigger Bang".

0 Coment:

Post a Comment

Share/Bookmark
Related Posts with Thumbnails